Entri Populer

Monday 24 July 2017

Erstwhile; Persekutuan Sang Waktu--Ulasan dan Giveaway Plus Pengumuman Pemenang




Judul: Erstwhile; Perksekutuan Sang Waktu
Penulis: Rio Haminoto
Penerbit: Koloni 
Cetakan: 2017
Tebal: 368 halaman


Tahun 2013, Rafa berburu sebuah perkamen yang menceritakan perjalanan Picaro, seorang warga kota Paris. Yang membuat Rafa tertarik adalah karena perjalanan Picaro termasuk di Kerajaan Majapahit. Bahkan, Picaro menetap paling lama di kerajaan itu daripada tempat lainnya.

Bertekad membawa catatan itu ke Indonesia, dalam masa penyembuhannya atas perasaan terluka karena cinta, Rafa berangkat ke pelelangan.
Rupanya, perjalanan itu mengantarkannya kepada seorang penerjemah perkamen yang cantik bernama Emma Watts. Berdua, mereka masuk dalam cerita Picaro. Bukan hanya perjalanan, tetapi juga alasan dan kisah cintanya yang berusaha sekuatnya ia jaga.

***

Perjalanan Picaro, tanpa saya duga, bisa saya nikmati. Ciri fisik, keadaan alam, hingga kehidupan masyarakat yaitu cara bersosialisasi dan berdagang, disampaikan dengan apik dan mengalir.  Termasuk, sosok-sosok dalam Kerajaan Majapahit.

Gajah Mada tetap paling menonjol, tentu. Penggambaran fisik dan karakternya membuat saya bisa memaklumi kekaguman dan kesetiaan Picaro kepadanya.

“Apa yang kulakukan adalah perlu. Tidak ada satu pun yang berhak menertawakan sumpahku untuk membawa Majapahit menuju gerbang keemasan.”—p. 240

***

Saya memang tidak suka kisah cinta—tidak terlalu. Yang menarik, dua tokoh laki-laki di buku ini memiliki cara berbeda dalam hal memperjuangkan cinta.

Rafa lebih suka merasakan sensasi dengan Artjana. Mereka melakukan perjanjian untuk melakukan pertemuan 10 tahun kemudian. Sebelum 10 tahun, mereka tidak boleh saling menghubungi. Singkatnya, biar greget.

Picaro, lebih memilih mencintai Solence dalam diam selama dua tahun pertama. Dia memang kalem. Tapi begitu mendapat kesempatan, Picaro mengerahkan segala daya dan upaya untuk mendapatkan Solence.

“Mungkin inilah hukum yang tak tertulis dalam kehidupan bahwa kita akan menikah dengan orang yang sebenarnya tidak terlalu kita cintai, tetapi dapat memberikan rasa tenang dan pasti.”—p. 74

***

Jika ada yang perlu saya sampaikan ke penulis adalah mengenai pesan tertulis Rafa kepada Artjana yang diceritakan di halaman 93. Kalau tidak salah, perjanjian mereka tidak saling menghubungi, bukan? Mereka sudah melampaui berbagi sensasi hubungan seperti itu 10 tahun. (p. 63). Apakah kemudian aturannya berubah? Selain itu—ini pendapat pribadi—saya terganggu dengan kehadiran Tabby. Tapi saya rasa penulis memiliki pertimbangan tersendiri.

Selebihnya, buku ini memang nyaris komplet. Ada cinta dan pesan kemanusiaan yang disampaikan dengan halus dalam balutan sejarah.

***



Nah, nah. Saatnya Giveaway.
Caranya mudah. 
  1. Like fanspage komik koloni di facebook, atau Follow Instagram koloni publishers. Boleh salah satu aja. 
  2. Jawab pertanyaan berikut.
Kalau kamu laki-laki, kamu memilih mencintai dengan cara ala Rafa atau Picaro? Kenapa?

Kalau kamu perempuan, kamu memilih dicintai dengan cara ala Rafa atau Picaro? Kenapa?

Alasan maksimal tiga kalimat aja, ya. Biar nggak panjang.



  1. Tulis jawaban beserta nama, email, dan link like kalian di kolom komentar.
  2. GA berlangsung dari tanggal 24-30 Juli 2017. Pengumuman akan saya sampaikan tanggal 31 Juli 2017.
  3. Pastikan alamat kamu di Indonesia.
  4. Semoga beruntung. (҂'́)9

Sorry, telat banget bikin pengumumannya.

Selamat buat Irliyani



Jawaban: 

Voilaa, aku lebih milih dicintai dengan cara ala picaro lah. Setiap wanita tuh cuma butuh kepastian ya. Thats right! wanita tuh beda sama pria, gak perlu banyak cinta untuk bisa menikah, tapi yang memberi rasa nyaman, tenang, dan pasti yang cool hehe.


Buat yang lain, lanjut ikutin blogtournya di siniii, yaaa....



10 comments:

  1. nama: devira belin
    email: devirabelin4@gmail.com
    link share: https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=1247586118686270&id=100003046810181
    jawaban:
    aku lebih memilih dicintai dengan cara ala picaro. karena rasa yg dimiliki picaro sudah pasti ya walaupun masi disimpan dalam hati saja. bisa melihat dia secara langsung tanpa adanya jangka tertentu lebih menyenangkan untuk menyemai perasaan dari pada menunggu 10 tahun lamanya belum tentu hatinya untuk kita, dan waktu yg ditentukan hanya untuk berjumpa saja

    ReplyDelete
  2. Nama: Sandra Hamidah
    Email: sandra.artsense@gmail.com
    Domisili: Bandung
    Link like: https://m.facebook.com/komikkoloni/
    Fb: Sandra Hamidah
    Link share: https://mobile.twitter.com/Sandra_artsense/status/889781766642294786
    Twitter: @Sandra_artsense

    Jawab:
    Sebagai perempuan yang butuh kepastian, saya ingin dicintai oleh Picaro karena dalam 2 tahun memantapkan hati dan kemudian menyatakan cinta, kalau LDRan sama Rafa 10 tahun kelamaan, keburu dikawin orang hehe.

    ReplyDelete
  3. Elsita F. Mokodompit
    elsitafransiska(et)gmail(dot)com
    https://m.facebook.com/komikkoloni/
    Fb: Elsita Fransiska Mokodompit

    Aku lebih memilih dicintai dengan cara Picaro. Sebab, janji adalah hal yang krusial. Yang mengandung risiko tertepati dan tidak. Sementara, aku adalah tipe orang yang tidak suka jika janji tidak ditepati. Kekecewaanku terhadap janji yang bolong itu sama tingkatnya dengan patah hati. Katakanlah, aku tidak suka hal semenantang menekan rindu selama 10 tahun. Tidak dikabari atau tak bisa berkirim kabar dan cerita adalah hal yang aku benci. Kepastian selalu jadi hal utama dalam perkara cinta buatku. Komitmen memang penting, tapi ketika hal itu diikuti kata janji, aku nggakbersedia. Biarlah aku nggak dicintai secara terang-terangan, asal nggak digantung.

    ReplyDelete
  4. nama: Aulia
    email: auliyati.online@gmail.com
    link like: https://www.facebook.com/komikkoloni/
    Fb: NunaaLia

    Aku memilih dicintai dengan cara ala Picaro, cara Picaro mengerahkan segala daya dan upaya untuk mendapatkan Solence setelah memendam cinta 2 tahun lamanya itu yang bikin langsung klepek-kelepek, mendengarnya saja sudah berdebar apalagi merasakannya. 2 tahun sudah cukup buat memendam perasaan, lebih dari itu akan terasa menyesakkan. Lagipula kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, jadi mendapatkan sesuatu yang sudah diyakini diinginkan dengan lebih cepat akan lebih baik.

    ReplyDelete
  5. Nama: Aya Murning
    Email: ayamurning@gmail.com
    Link like: https://www.facebook.com/komikkoloni/
    FB: Aya Murning

    Dicintai cara Rafa, karena apa yang selama ini sering kualami adalah dengan caranya Rafa. Saya lebih suka saling memendam rindu pada pasangan selama beberapa waktu--tapi ya nggak sampe 10 tahun juga ya--supaya nantinya saat dilampiaskan akan terasa super lega hingga ke ubun-ubun. Mungkin karena saya termasuk orang yang cuek tetapi sangat menjaga kepercayaan dan percaya pada pasangan sehingga aku tak masalah asalkan aku dan pasangan bisa tetap setia satu sama lain. :)

    ReplyDelete
  6. Nama: Ainun Mawa'dah Noor
    E-mail: ainunmdn22@gmail.com
    Link like: https://m.facebook.com/komikkoloni/

    Tanpa menjatuhkan cara Rafa dalam mencintai, saya jauh lebih tersentuh dengan jamuan yang diberikan Picaro. Betapa tidak, setelah membaca gambaran cara ia dalam menjaga rasa dan mengerahkan upaya, saya benar-benar dibuat jatuh cinta. Membuat saya benar-benar berdebar dan tidak sabar untuk melahap cerita Picaro seutuhnya.

    ReplyDelete
  7. Nama: Bety Kusumawardhani
    Email: aki.no.melody@gmail.com
    Link: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/891043869676019712?p=v
    Jawaban: Aku lebih memilih dicintai Picaro karena dia tergolong sosok pria yg mempunyai tekad kuat. Aku pikir semua wanita itu butuh kepastian hubungan dan perlu diperjuangkan, bukan dibiarkan menjalani LDR terlalu lama tanpa komunikasi. Pada kenyataannya manusia bisa saja berubah pikiran seiring berjalannya waktu, janji mudah teringkari tergerus waktu dan mereka juga akan rentan berbohong ketika tidak bertatap muka.

    ReplyDelete
  8. Nama: Irliyani
    Email: irliyani46@gmail.com
    link share: https://twitter.com/irliyn/status/891228395782103041
    Jawaban:
    Voilaa, aku lebih milih dicintai dengan cara ala picaro lah. Setiap wanita tuh cuma butuh kepastian ya. Thats right! wanita tuh beda sama pria, gak perlu banyak cinta untuk bisa menikah, tapi yang memberi rasa nyaman, tenang, dan pasti yang cool hehe.

    ReplyDelete
  9. Nama: Lenny
    Email: lynnlenie7@gmail.com
    Link like: https://mobile.facebook.com/komikkoloni/?_rdc=1&_rdr
    FB: Lenny
    Kalau kamu perempuan, kamu memilih dicintai dengan cara ala Rafa atau Picaro? Kenapa?
    Picaro. Karena walaupun diawal-awal dia sempat memendam perasaannya namun dia lebih berusaha dan berjuang untuk mendapatkan orang yang dia cintai. Menurutku Picaro tipe orang yang bertanggungjawab akan cintanya, bukankah cinta itu harus di pertanggungjawabkan dan bukan hanya menunggu tanpa adanya kepastian.

    ReplyDelete

Pages